LPABK_MUC

LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MY UNIGUE CHILDREN (LPABK_MUC)

Alamat: Ruko Metland Cileungsi (d/h Taman Cileungsi) blok AA14 no11A
Hubungi:  Ibu Ila   ( 0813 8953 5325 )
          Ummu Hani (08787 7624 4734)
                    (021 331 43750)


 I. Pendahuluan
Autisme adalah gangguan perkembangan yang pervasif (mendalam) pada anak yang seringkali muncul sebelum usia 3 tahun, yang mempengaruhi kemampuan kognitif, interaksi sosial dan komunikasi, dimana anak sering menunjukkan perilaku yang berulamg-ulang (repetitif), terbatas (restricted) dan juga khas (stereotype).


Semakin meningkatnya penyandang autis dan Anak berkebutuhan khusus (special needs children) pada umumnya, membuat hati kita menjadi miris. Orangtua anak-anak ABK akan mengalami suatu kebingunan yang luar biasa ketika harus menerima vonis bahwa anaknya adalah Anak Berkebutuhan Khusus. Oleh karena itu deteksi dini dan penanganan secara komprehensif yang benar mulai dari dini dapat mempermudah dan membantu anak dalam menapaki masa-masa perkembangannya secara optimal.

Oleh karena itu LPABK_MUC hadir sebagai alternatif pendidikan bagi ABK dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya berdasarkan ke unikannya masing-masing.

II. Layanan Terapi

A. Terapi Perilaku (Behavioral Therapy)
Yaitu suatu terapi dalam rangka memodifikasi perilaku-perilaku buruk dan mal-adaptif yang sering diperlihatkan oleh ABK seperti mengamuk (tantrum), berteriak, membenturkan kepala, memainkan benda-benda tidak sesuai dengan fungsinya dll.

Anak autistik seringkali merasa frustrasi, teman-temannya seringkali tidak memahami mereka, mereka merasa sulit mengekspresikan kebutuhannya, mereka banyak yang hipersesitif terhadap suara, cahaya dan sentuhan, tak heran bila mereka sering mengamuk.

Oleh karena itu terapi perilaku bertujuan memodifikasi perilaku-perilaku yang buruk menjadi lebih baik sesuai dengan keadaan lingkungannya.

B. Terapi Wicara (Speech Therapy)
Sebagian besar anak dengan autisme mengalami kesulitan bicara dan berbahasa. Biasanya hal inilah yang palimg menonjol, namun banyak pula individu yang non autistik pun mengalami kendala dalam berbicara dan berbahasa.

Jika bicaranya cukup berkembang namun tak bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. oleh karena itu terapi wicara akan sangat menolong bagi mereka.

C. Terapi Sensori Integrasi (SI)
Kebanyakan individu autistik atau ABK mengalami permasalahan pada grosis motor (gerakan kasar)nya. Oleh karena itu terapi Sensory Integrasy (SI) berguna untuk melatih dan menstimuli gross motor pada individu tersebut.

D. Terapi Okupasi (Occupational Therapy)
Sebagian besar anak autistik dan ABK mempunyai keterlambatan dalam perkembangan motorik halus.
Gerak-geriknya kaku dan kasar, mereka kesulitan untuk memegang sendok dan menyuapi makanan ke mulutnya dan lain sebagainya. Dalam hal ini terapi okupasi sangat penting untuk melatih mempergunakan otot-otot halusnya dengan benar.

E. Terapi Remedial
Sebagian besar anak Autistik dan ABK mengalami hambatan dalam proses belajar yang memerlukan ketrampilan  akademik seperti membaca, berhitung maupun kemampuan akademik lainnya yang intensitasnya lebih sulit, walaupun mereka telah duduk dibangku sekolah formal,  akan tetapi mereka masih kesulitan dalam mengikuti pelajaran pelajaran sekolah, terapi remedial dibutuhkan untuk membantu mereka dalam belajar.

F. Sekolah Khusus
Yaitu suatu metode pembelajaran secara klasikal dengan satu kelas terdiri dari 5 anak dengan dibimbing 2 orang guru.

G. Layanan Konsultasi dan Training
Konsultasi dan training ditujukan bagi orangtua atau guru yang ingin mengetahui lebih banyak tentang ABK dan cara penanganannya di rumah maupun di sekolah.


H. Layanan Test Psikologi
1. Test IQ
2. Test Kepribadian
3. Test Penjurusan IPA/IPS
4. Test minat dan bakat untuk masuk ke Perguruan Tinggi
5. Test Kematangan sekolah

Test Psikologi dapat dilakukan secara individual maupun klasikal dengan perjanjian terlebih dahulu.

I. Tenaga Pengajar.
Tenaga pengajar di LPABK_MUC adalah tenaga pengajar profesional maupun terdidik yang berasal dari disiplin ilmu yang relevan seperti Psikologi, Fisioterapi, Akademi Okupasi Terapi, Akademi Terapi wicara, PLB maupun bidang lain yang mendukung proses belajar mengajar